Senin, 11 November 2013

Menulis Bisnis Tanpa Komputer Langsung Online Modal Cekak

0 komentar
Menulis Bisnis, Modal Bisnis
Syarat untuk memulai bisnis modal cekak adalah memang harus memiliki komputer. Apalagi bisnis modal cekak dengan teknik blogging yang tentunya ada kegiatan menulis. Tentu bagi orang yang masih miskin dalam bisnis online akan merasa kesulitan membeli peralatan komputer.

Memang orang miskin dalam berbisnis online pun bisa membeli komputer namun masih besar perasaan takut gagal setelah membeli komputer. Bukan itu saja, karena masih banyak kebutuhan penting lainnya yang memakai uang.

Tetapi anggap saja dalam pembahasan ini Si Miskin atau Anda belum memiliki komputer. Setuju kan? Ya, saya harap Anda setuju bahwa pembahasan ini untuk orang yang belum memiliki komputer dalam bisnis online.

Memang sulit kalau belum punya komputer atau sejenisnya seperti notebook untuk kegiatan menulis. Karena patut saya katakan bahwa bisnis online modal cekak modalnya adalah menulis. Dalam hal menulis bisa untuk dipublis ke blog pribadi, Facebook atau forum. Tentu untuk kegiatan marketing online alias penjualan produk bisnis secara online.

Lebih baik memang benar-benar mengusahakan membeli komputer atau sejenisnya untuk kegiatan menulis artikel seputar bisnis. Karena memang untuk kemudahan dalam menulis.

Namun bila memang untuk sementara waktu ingin action terlebih dahulu tanpa memikirkan komputer/notebook, baiklah. Mungkin karena punya alasan lain seperti ingin menguji keberhasilan bisnis alias penjualan produk tanpa komputer. Maka saya akan memberikan tips menulis untuk bisnis yang efektif tanpa menguras biaya rental komputer.

Sekarang zaman sudah agak bergeser. Dahulu kalau menulis harus dengan komputer. Maksudnya mengetik tulisan harus dengan komputer. Karena waktu itu HP belum canggih seperti sekarang.

Namun sekarang sudah bergeser ke zaman Hp. Bisa kan saya bilang begini? Hp disini termasuk SmartPhone. Banyak Hp canggih yang bisa menyimpan memori sampai sebesar puluhan GB. Alat mengetik pada Hp sudah seperti komputer alias susunan hurufnya. Dan sebagainya. Termasuk adalah keaktifan berinternet banyak yang menggunakan Hp.

Sehingga aktif menulis lebih condong menulis dalam Hp. Contoh rill adalah update status Facebook atau ngettwit di Twiter. Siapa sih yang tidak kenal media sosial ini dan tidak sering update di kedua itu? Namun komputer tidak kalah dalam menulis untuk hal-hal penting dan menulis dengan banyak lembaran. Karena menulis dalam Hp seperti hanya untuk menulis catatan kecil yang penting untuk dicatat.

Nah, karena bisa menulis lewat Hp sekedar menulis catatan kecil seseorang, maka inilah bukti bahwa menulis untuk kepentingan bisnis bisa dilakukan dengan media Hp. Tentu tidak hanya catatan berbentuk diary tetapi lebih kepada tips, info dan hal lain yang berkaitan dengan kepentingan menulis untuk bisnis.

Si Miskin atau Anda tentu punya Hp walau seharga 600.000 yang bisa buat mengetik dan internetan. Saya juga punya Hp seharga 600.000 dan cukup bagus karena memiliki dua kartu dan tempat penyimanan memori eksternal.

Dalam Hp biasanya ada kolom untuk ‘pesan’ dan kolom untuk ‘catatan’ di menu yang berbeda. Nah, lebih baik menggunakan kolom catatan dalam menulis. Karena kalau terpisah dari kolom pesan maka tidak akan terjadi penghapusan tulisan yang tidak sengaja. Tragis kan kalau tulisan untuk bisnis Anda terhapus semua?

Saya mencoba menulis dalam kolom catatan bisa sampai habis 3000 karakter. Dan membuat beberapa catatan lagi sampai menghabiskan 3000 karakter. Kira-kira kalau 3000 karakter bisa menghasilkan lebih dari 150 kata. Nah, daripada tidak menulis karena alasan tidak ada komputer, lebih baik menulis di HP mengenai pengalaman bisnis dan tips bisnis ala kaum miskin alias kaum bermodal bisnis cekak.

Bila catatan sudah banyak maka bagaimana selanjutnya?

Ya publis tulisan lewat catatan atau kronologi di Facebook dengan cara copy-paste. Jangan lupa kasih judul per status atau catatan. Dalam mempublish tulisan maka Anda harus menyantumkan link affiliate yang sudah disingkat memakai tinyurl.com (Baca lagi bisnis modal cekak disini). Barangkali ada teman Facebook yang tertarik dari penawaran Anda dan akhirnya membeli

Pastikan bahwa Anda sudah memiliki akun Facebook.

Setelah itu Anda harus memposting alias mempublis artikel dalam forum. Namun sebelum melakukan hal ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu salah satunya memiliki blog dahulu.

Ya sebelum mempublis ke forum Anda harus membuat blog dulu. Sulit kan membuat blog untuk bisnis dalam keadaan tidak punya komputer dan koneksi internet ke komputer?

Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengandalkan Facebook yang digunakan untuk dipromosikan di forum. Apa hubungan Facebook dengan forum? Hubungannya adalah untuk ditampilkan dalan forum yaitu dalam tempat signatur.

Dalam forum, Anda tidak boleh mencantumkan link affiliate dalam signatur atau posting artikel. Maka solusinya adalah lewat halaman facebook. Walau tidak efektif kalau menggunakan Facebook. Tetapi karena tujuan Anda adalah action bisnis terlebih dahulu maka bisa Anda jalankan dengan serius.

0 komentar:

Posting Komentar